MURI APRESIASI BUKITTINGGI LUNCURKAN APLIKASI DAN WIFI GRATIS

Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika berhasil meluncurkan 242 aplikasi gratis, 19 titik wifi, aplikasi Bukittinggi smart dan aplikasi pengaduan klik Bukittinggi, Senin (27/3). Acara yang berlangsung dipelataran jam gadang dan disaksikan ribuan masyarakat Bukittinggi tersebut merupakan sejarah baru bagi perkembangan teknologi informasi di kota jam gadang. Pasalnya capaian tersebut mendapat apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI) Jakarta.

Tuti Hidayati, SH. Plt Kepala Dinas Kominfo Bukittinggi dalam laporannya mengatakan percepatan menuju smart City berlatar belakang didambakannya kehidupan dengan kualitas yang tinggi. Kehidupan yang berkualitas tinggi itu ditunjang pemakaian teknologi yang mempermudah hidup. Konsep itulah yang mendasari dibuatnya perencanaan kota cerdas ataw smart City. Konsep ini diyakini bisa menyelesaikan berbagai masalah perkotaan seperti kemacetan, penumpukan sampah, dan keamanan warga kota. Tujuannya lanjut Tuti, untuk melestarikan lingkungan, meningkatkan daya saing ekonomi dan mewujudkan Masyarakat yang Madani.

Pengumuman rekor MURI itu sekaligus pemberian penghargaan dilakukan oleh Yusuf Ngadri dari MURI. Menurut Yusuf Ngadri yang istimewa dari Bukittinggi adalah aplikasi-aplikasi itu dibuat oleh ASN tergabung dalam Bukittinggi Smart Kreatif (7 orang) tanpa menggunakan dana APBN alias gratis. Karena dedikasi yang tinggi maka MURI akan mencatat ini sebagai rekor baru pembuatan Websitenya dan aplikasi baru secara gratis oleh ASN. Penghargaan diterima langsung Walikota Bukitinggi, Wakil Walikota Bukittinggi dan Perwakilan Bukittinggi Smart Kreatif.

Sementara Walikota Ramlan Nurmatias mengatakan ASN tidak boleh tertinggal dengan perkembangan teknologi terkini yang serba canggih nggal. Dibuatnya 242 website-website dan aplikasi itulah wujudnya. Di zaman teknologi tinggi semua masyarakat ingin mendapat pelayanan yang cepat, tepat dan akurat. Salah satu kelurahan telah memulai sejak 2016 lalu.

Percepatan Bukittinggi menuju smart City ini merupakan kerja sama dengan PT. Telkom. Ramlan melanjutkan, Salah satu aplikasi yang dibuat adalah aplikasi pengaduan klik bukittinggi. Silakan masyarakat memanfaatkan untuk melaporkan hal yang memang patut dilaporkan. Ramlan menegaskan kembali bahwa Pengerjaan Aplikasi oleh ASN Pemko Bukittinggi secara gratis tidak memakai dana APBN sehingga menghemat dana pemerintah daripada dilaksanakan oleh pihak swasta.

Sementara Kadis Kominfo Sumbar Yeflin Luandri mewakili Gubernur Sumbar mengucapkan selamat kepada Bukittinggi terhadap launching percepatan menuju smart City hari ini. Yeflin mengakui dalam setahun kepemimpinan Wako dan Wawako telah cukup banyak memberikan kinerja dengan inovasi baru nya. Baru kali ini di Sumbar ada smart City bahkan se Sumatera.

Launching ditutup dengan Penyerahan piagam pemenang lomba Website antar sekolah. Yaitu harapan II TK Pembina, harapan I SMAN 1, juara III SMAN 3, juara II SMK Negeri 2,  dan juara I SDN 04 birugo. (Fika/riri)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *